Saturday, March 7, 2020

Masjid Candi Kuning

MASJID CANDI KUNING

Apabila berkunjung ke Bedugul, untuk berwisata melihat keindahan danau Bedugul, sekaligus Pura Ulun Danu-nya, jangan lupa mampirlah ke Masjid Besar Al-Hidayah atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Candi Kuning. Disebut Masjid Candi Kuning, karena memang warna Masjid didominasi oleh warna kuning. 

Bahkan karena keunikannya, namanya juga dibuat jadi nama desa. Jadi secara administratif baik Pura Ulun Danu maupun Masjid Al-Hidayah Bedugul berada di Desa Candikuning Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan Bali.

Letak Masjid bersebrangan dengan Pura Ulun Danu. Adanya diatas perbukitan kecil. Seluruh areal wisata Pura Ulun Danu akan terlihat jelas dari pelataran Masjid.  Tetapi jika hendak ke Masjid, kendaraan sebaiknya taruh saja di tempat parkir area wisata Pura Ulun Danu, karena areal dekat Masjid memang tidak ada tempat parkir yang memadai.






Tidak usah kuatir soal makanan untuk yang beragama Islam. Desa Candikuning adalah salah-satu kantong Muslim di Bali. Mayoritas muslim disana berasal dari NTB. 

Selain shalat, kita juga bisa berziarah ke dua makam syekh yang letaknya tidak jauh dari Masjid. Kedua syekh itu bernama Syekh Hasan dan Syekh Husein. Dua orang Syekh yang namanya mengingatkan kepada dua orang penghulu pemuda surga, yaitu kedua cucunda Rasulullah yang wafat syahid akibat kerakusan politik orang-orang yang mengaku pengikut Rasulullah. Shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya.

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN TULIS PESANMU